BEKERJAA SAMA DALAM TEAM

TEORI ORGANISASI UMUM


Kelompok   5

Bagus kusumayuda(11114994)
Marthauli (16114431)
Melani silva irawan(16114562)
Resky Irvan S (19114083)
Rifaldi Dwi putra(19114342)



TEORI DAN DASAR KOMUNIKASI

·        PENGERTIAN  KOMUNIKASI

Secara harfiah, komunikasi berasal dari Bahasa Latin yaitu COMMUNIS yang berarti keadaan yang biasa, membagi. Dengan kata lain, komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.
Secara umum pengertian  komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan atau berita (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Beberap pengertian komunikasi Menurut para ahli 
·         Menurut Laswell pengertian komunikasi adalah sebuah proses yang memberikan gambaran siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
·         Menurut Mr. Carl I. Hovland  bahwa pengertian komunikasi sebagai proses komunikator memberikan stimulan yang umumnya terdiri atas lambang lambang bahasa (verbal atau non-verbal) sehingga terjadinya perubahan tingkah laku penerima/orang lain.
·         Menurut Mr. Theodorson pengertian komunikasi kepada wilayah ide dan emosi yaitu penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari satu individu kepada individu lain terutama melalui simbol simbol.
Berdasarkan beberapa pengertian komunikasi diatas , komunikasi digolongkan menjadi 3 Golongan utama  yaitu Paradigmatis, Terminologis dan Etimologis
·         Paradigmatis
Komunikasi secara paradigmatis adalah pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai tujuan tertentu
·         Terminologis
Komunikasi secara etimologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seorang kepada orang lain
·         Etimologis
·         komunikasi secara Etimologis adalah  komunikasi berasal dari "communicatio"(latin) dan comminis (latin) yang berarti sesuatu yang dikomunikasikan

Komentar