Etika Berinternet

Etika Berinternet


Perkembangan internet saat ini begitu pesat terutama di Indonesia. Ada dampak positif dan negative dari berkembangnya internet. Dalam berinternet kita harus memperhatikan tata cara berinternet yang baik atau nama lain etika berinternet. Etika dalam berinternet biasa disebut dengan cyber ethic Banyak hal-hal yang harus kita perhatikan dalam berinternet, hal yang perlu di perhatikan dalam berintenet sebahai berikut.
1.   KOMENTAR

Dalam berkomentar di media social kita harus menjaga bahasa kita, jangan sampai menyinggung pengguna lainnya apalagi dapat mamancing keributan yang dapat menganggu pengguna internet lainnya.

2.      BERITA

Dalam menyampaikan informasi atau berita di internet kita harus meggunakan penggunaan  kata/kalimat yang benar. Dan tidak boleh menyinggung, memojokkan orang lain . Yang paling penting dalam menyampaikan informasi harus bersifat fakta tidak boleh  berita tersebut hoax.
3.  .   MENGHINA AGAMA/SARA

Banyak pengguna internet yaitu seperti facebook, twitter, forum, dan social media lainnya yang menghina bahkan melecehkan agama. Kita harus sopan santun dan saling menghormati kepada pengguna lain dalam mejalankan kepercayaan masing-masing.
4.    . PRIVACY

Salah satu yang penting, jagalah data diri kita, janganlah kita member informasi diri kita kepada orang yang tidak kita kenal, karna data diri kita bersifat rahasia. Banyak pengguna terutama facebook yang terlalu menaruh data diri nya secara berlebihan yang berdampak buruk pada penggunanya seperti penculikan dan sebagainya
5.      FOTO

Pengguna internet yang baik pasti tau memposting foto yang baik. Tetapi banyak juga orang memasukkan foto yang tidak selayaknya orang lain melihat. Gunakanlah foto yang baik, sebaiknya yang tertutup dan gunakanlah foto yang sewajarnya jangan berlebihan.

Komentar